Workshop untuk Perkuat Asesmen Berbasis Growth Mindset
Untal-untal, 19 September 2025– Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, SMPK 2 Harapan menyelenggarakan workshop peningkatan kompetensi bagi para guru. Acara yang menghadirkan narasumber Drs. I Ketut Gede Birawa Anuraga, M.Pd. ini berfokus pada strategi asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik.
Workshop ini bertujuan membekali para pendidik dengan pendekatan asesmen yang tidak hanya mengukur hasil akhir, tetapi juga memahami dan menghargai proses belajar siswa. Drs. I Ketut Gede Birawa Anuraga memaparkan bahwa model asesmen yang efektif harus mampu menumbuhkan Pola Pikir Bertumbuh (Growth Mindset) pada siswa, di mana mereka memandang tantangan dan kesalahan sebagai peluang untuk berkembang.
Salah satu materi utama dalam workshop adalah teknik memberikan umpan balik atau feedback. Para guru dilatih untuk menerapkan ‘pujian proses’, yaitu memberikan apresiasi atas usaha, strategi, dan kegigihan siswa, bukan hanya pada kecerdasan atau bakat bawaan. Pendekatan ini terbukti mampu mendorong siswa untuk tidak takut salah dan berani mencoba lagi saat menghadapi kesulitan. Dengan demikian, umpan balik tidak lagi bersifat menghakimi, melainkan menjadi alat bantu bagi siswa untuk berefleksi dan menemukan cara belajar yang lebih baik.
Implementasi asesmen yang berpusat pada siswa ini sejalan dengan upaya sekolah dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Dengan menanamkan growth mindset, guru dapat secara efektif memperkuat elemen-elemen kunci seperti:
- Penalaran Kritis: Siswa menjadi lebih gigih dalam mengevaluasi ide dan solusi.
- Kreativitas: Siswa lebih berani mencoba dan menciptakan hal-hal baru tanpa takut gagal.
- Kemandirian: Siswa yakin bahwa kemampuan mereka dapat diasah melalui proses belajar dan usaha.
Workshop ini menegaskan komitmen SMPK 2 Harapan untuk menciptakan lingkungan belajar yang suportif, di mana setiap siswa merasa aman untuk bereksplorasi dan berkembang. Dengan membekali guru kompetensi asesmen modern, sekolah berinvestasi langsung pada pembentukan karakter siswa yang tangguh, kreatif, dan mandiri. (Vic)


